About Us

My photo
Mata Kuliah Wajib Bagi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman

Thursday, May 21, 2009

Komunike Pertemuan Tingkat Tinggi London-London Summit (Bagian III)


Sumber : http://globaljust.org/

Memperkuat lembaga-lembaga keuangan global kami

17. Negara-negara berkembang dan pasar-pasar yang baru, yang sudah menjadi mesin pertumbuhan perekonomian dunia saat ini, juga kini menghadapi tantangan-tantangan yang menambah jatuhnya perekonomian global saat ini. Adalah mendesak sekali bagi kepercayaan diri global dan pemulihan perekonomian, bahwa modal harus terus mengalir kepadanya. Hal ini membutuhkan penguatan substansial lembaga-lembaga keuangan internasional, terutama IMF. Kami oleh karena itu setuju hari ini untuk menyediakan sumberdaya tambahan $850 miliar melalui lembaga-lembaga keuangan global untuk menopang pertumbuhan ekonomi Negara-negara berkembang dan pasar yang mulai bermunculan dengan mendanai belanja kontra-siklus, permodalan kembali perbankan, infrastruktur, keuangan perdagangan, menopang neraca pembayaran, bergulirnya hutang, dan dukungan social. Untuk menuju hal ini : kami sudah sepakat untuk menambah sumberdaya yang tersedia untuk IMF melalui pendanaan segera dari para anggota $250 miliar, selanjutnya dipersatukan ke dalam suatu mekanisme yang lebih meluas dan fleksibel yang disebut “Persetujuan Baru untuk Meminjam”, ditambah hingga $500 miliar, dan untuk mempertimbangkan pinjaman pasar jika diperlukan; dan kami mendukung penambahan substansial jumlah pinjaman sedikitnya $100 miliar dari Bank Pembangunan Multilateral (Multilateral Development Banks (MDBs)), termasuk bagi Negara-negara berpenghasilanrendah,dan memastikan bahwa semua MDB mempunyai modal yang cukup.

18. Adalah penting bahwa sumber-sumber daya ini bisa digunakan secara efektif dan fleksibel untuk mendukung pertumbuhan. Kami menyambut dalam hal ini perkembangan yang dibuat oleh IMF dengan Jalur Pinjaman Fleksibel (Flexible Credit Line (FCL)) –nya dan kerangka kerja bersyarat dan reformasi peminjamannya yang akan memampukan IMF memastikan bahwa fasilitasnya menuju pada sasaran yang tepat yaitu sebab-sebab yang mendasari kebutuhan pendanaan neraca pembayaran Negara-negara, terutama penarikan aliran modal dari luar ke sector perbankan dan perusahaan. Kami mendukung keputusan Meksiko untuk mengupayakan persetujuan FCL.

19. Kami sudah setuju untuk mendukung alokasi SDR secara umum yang akan menyuntuk $250 miliar ke dalam perekonomian dunia dan untuk menambah likuiditas global, dan pengesahan darurat Amandemen Keempat.

20. Dalam rangka lembaga-lembaga keuangan kami membantu mengelola krisis dan mencegah krisis yang akan datang, kami harus memperkuat legitimasi, efektivitas dan relevansi mereka untuk jangka waktu yang lebih panjang. Jadi seiring dengan ditambahkannya sumberdaya dalam jumlah signifikan yang disetujui hari ini, kami berketetapan untuk mereformasi dan memodernisasi lembaga-lembaga keuangan internasional untuk memastikan mereka bisa membantu para anggota dan pemegang saham dengan efektif dalam menghadapi tantangan-tantangan baru. Kami akan mereformasi mandat, ruang lingkup dan pemerintahan dalam mereka, supaya mencerminkan perubahan-perubahan yang terjadi di perekonomian dunia dan tantangan-tantangan baru globalisasi, dan supaya Negara-negara yang berkembang dan mulai muncul perekonomiannya, termasuk yang termiskin, harus mempunyai keterwakilan dan suara yang lebih besar. Ini harus dibarengi tindakan untuk menambah kredibilitas dan akuntabilitas lembaga-lembaga melalui pengambilan keputusan dan peninjauan strategis yang lebih baik. Untuk mencapainya:
  • kami mengikat janji untuk melaksanakan paket kuota IMF dan reformasi suara yang disepakati pada April 2008 dan menyerukan pada IMF untuk melengkapi kajian kuota berikutnya pada Januari 2011;
  • kami setuju bahwa, seiring dengan hal ini, harus dibuat pertimbangan untuk keterlibatan yang lebih besar dari para GUbernur Dana (Fund’s Governors) dalam menyediakan arahan strategis untuk IMF dan meningkatkan akuntabilitas IMF;
  • kami mengikat janji untuk melaksanakan reformasi Bank Dunia yang disepakati pada Oktober 2008. Kami mengharapkan rekomendasi lebih lanjut, pada pertemuan-pertemuan selanjutnya, untuk reformasi hal-hal mengenai perwakilan dan suara dengan percepatan skala waktu, untuk disepakati pada Pertemuan Musim Semi 2010 (2010 Spring Meetings);
  • kami sepakat bahwa para kepala dan pemimpin senior lembaga-lembaa keuangan internasional harus dipilih melalui proses seleksi berdasarkan kualitas, transparan dan terbuka; dan
  • berdasarkan atas kajian terkini IMF dan Bank Dunia kami minta Ketua, bekerja bersama para Menteri keuangan Negara-negara G20, untuk berkonsultasi secara luas dalam proses menyeluruh dan melaporkannya kembali kepada pertemuan berikutnya dengan proposal-proposal reformasi lebih lanjut untuk meningkatkan responsivitas dan adaptabilitas IFI.
21. sebagai tambahan memperbaiki lembaga-lembaga keuangan internasional kami untuk tantangan-tantangan baru globalisasi, kami menyepakati adanya kehendak sebuah consensus global baru atas prinsip-prinsip dan nilai-nilai kunci yang akan meningkatkan kegiatan ekonomi berkelanjutan. Kami mendukung diskusi mengenai sebuah piagam sedemikian untuk kegiatan ekonomi berkelanjutan dengan tujuan diskusi lebih lanjut pada pertemuan kita berikutnya. Kami memperhatikan kerja yang dimulai dalam kaitan ini dan mengharapkan diskusi lebih lanjut piagam untuk kegiatan ekonomi berkelanjutan ini.

No comments:

Post a Comment

After you read this post, please leave your comment...