About Us

My photo
Mata Kuliah Wajib Bagi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman

Thursday, May 21, 2009

Komunike Pertemuan Tingkat Tinggi London-London Summit (Bagian I)

Sumber : http://globaljust.org/

Keputusan-Keputusan yang dibuat oleh para pemimpin Negara-negara ekonomi terbesar dunia pada London Summit dicatat dalam Komunike yang ditandatangani oleh seluruh pemimpin pada 2 April

1. Kami, Para Pemimpin Kelompok Dua Puluh (G-20), bertemu di London pada 2 April 2009.

2. Kami menghadapi tantangan terbesar bagi ekonomi dunia di zaman modern; sebuah krisis yang sudah menjadi lebih dalam daripada saat kami terakhir bertemu, yang mempengaruhi kehidupan wanita, pria dan anak-anak di setiap Negara, dan yang bisa ditangani dengan cara semua Negara bergabung bersama. Sebuah krisis global yang membutuhkan solusi global.

3. Kami mulai dari kepercayaan bahwa kemakmuran tidak dapat terbagi-bagi; bahwa pertumbuhan, untuk dipertahankan, harus dibagikan; dan bahwa rencana global kami bagi pemulihan harus mempunyai di dalamnya lapangan pekerjaan bagi dan kebutuhan keluarga-keluarga pekerja keras, tidak hanya di Negara-negara berkembang tapi juga di dalam pasar yang baru dan Negara-negara termiskin di dunia; dan harus mencerminkan kepentingan, tidak hanya dari penduduk saat ini, tapi kepentingan generasi yang akan datang juga. Kami percaya bahwa satu-satunya dasar yang membuat globalisasi pasti bertahan dan kemakmuran yang meningkat bagi semua orang adalah ekonomi dunia yang terbuka berdasarkan prinsip pasar, peraturan efektif, dan lembaga-lembaga kuat dunia.

4. Oleh karena itu kami hari ini sudah berikrar untuk melakukan apapun yang diperlukan untuk:

* Memulihkan kepercayaan, pertumbuhan, dan lapangan pekerjaan;
* Memperbaiki system keuangan untuk mampu meminjamkan kembali;
* Memperkuat peraturan keuangan untuk membangun kembali keterpercayaan;
* Mendanai dan mereformasi lembaga-lembaga keuangan internasional kami untuk menanggulangi krisis inidan mencegah krisis-krisis di masa yang akan datang;
* Mempromosikan investasi dan perdagangan global dan menolak proteksionisme, untuk menopang kemakmuran; dan
* Membangun suatu pemulihan yang bertahan, hijau dan menyangkut segala hal.



Dengan bertindak bersama-sama untuk memenuhi ikrar ini kami akan membawa ekonomi dunia keluar dari resesi dan mencegah krisis seperti ini agar tidak terjadi lagi di masa depan.

5. Kesepakatan-kesepakatan yang sudah kami capai hari ini, untuk meningkatkan sumberdaya yang tersedia bagi IMF tiga kali lipat hingga $750 miliar, mendukung alokasi SDR yang baru sebesar $250 miliar, mendukung sedikitnya $100 miliar pinjaman tambahan oleh MDBs-MDB, meyakinkan dukungan $250 miliar untuk keuangan perdagangan, dan menggunakan sumberdaya tambahakn dari penjualan emas IMF yang sudah disepakati untuk keuangan konsesi-konsesi di Negara-negara termiskin, membentuk program dukungan sebesar $1,1 triliun tambahan untuk memulihkan kredit, pertumbuhan dan lapangan pekerjaan dalam perekonomian dunia. Bersama dengan tindakan-tindakan yang sudah kami ambil secara nasional, hal ini membentuk sebuah rencana global bagi pemulihan dalam skala yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Memulihkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan

6. Kami sedang mengupayakan perluasan fiscal dalam skala yang belum dialami sebelumnya, yang akan menyelamatkan atau menciptakan jutaan lapangan pekerjaan, yang jika tidak sudah hancur, dan yang akan berjumlah $5 triliun di akhir tahun, meningkatkan hasil sebanyak 4 persen, dan mempercepat transisi ke ekonomi hijau. Kami mempunyai komitmen untuk menghasilkan karya fiscal pada skala yang penting untuk dipertahankan bagi pemulihan pertumbuhan ekonomi.

7. Bank-bank sentral Negara-negara kami juga sudah mengambil tindakan yang luar biasa. Tingkat-tingkat bunga sudah dipangkas secara berani di sebagian besar Negara, dan bank-bank sentral kami juga sudah berikrar untuk memelihara kebijakan yang mementingkan perluasan selama dibutuhkan dan untuk menggunakan sepenuh jajaran sarana kebijakan moneter, termasuk sarana yang tidak biasa, yang konsisten dengan stabilitas harga.

8. Tindakan-tindakan kami untuk memulihkan pertumbuhan tidak bisa efektif hingga kami memulihkan peminjaman domestic dan aliran modal internasional. Tindakan-tindakan kami untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi tidak akan bisa efektif hingga kami memulihkan peminjaman domestic dan aliran modal internasional. Kami sudah menyediakan dukungan menyeluruh yang sangat bermakna bagi system perbankan kita agar tersedia likuiditas, memodali kembali lembaga-lembaga keuangan, dan mengamanatkan masalah harta yang tidak berimbang. Kami berkomitmen untuk mengambil semua tindakan yang perlu untuk memulihkan aliran kredit secara normal melalui sistem keuangan dan meyakinkan sehatnya lembaga-lembaga yang penting dalam system, karena kami hendak melaksanakan kebijakan-kebijakan kami sesuai dengan kerangka kerja G20 yang sudah disepakati untuk memulihkan peminjaman dan memperbaiki sector keuangan.

9. Tindakan-tindakan yang diambil bersama-sama akan membentuk stimulus moneter dan fiscal terbesar dan program pendukung yang paling komprehensif untuk bidang keuangan di zaman modern. Bertindak bersama memperkuat dampak dan tindakan-tindakan kebijakan luar biasa yang diumukan sejauh ini harus dilaksanakan dengan tidak berlambat-lambat. Hari ini, lebih lanjut kami sudah menyepakati lebih dari $1 triliun sumberdaya tambahan untuk perekonomian dunia melalui keuangan perdagangan dan lembaga-lembaga keuangan internasional kami.

10. Bulan lalu, IMF memperkirakan pertumbuhan dunia secara nyata akan mulai lagi dan naik menjadi lebih dari 2 persen pada akhir 2010 kami percaya diri bahwa tindakan-tindakan yang sudah kami sepakati hari ini, dan komitmen kami yang tidak tergoyahkan untuk bekerja bersama untuk memulihkan pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan, sementara memelihara kebertahanan fiscal jangka panjang, akan mempercepat kembalinya pertumbuhan ekonomi yang sudah jadi trend kita. Kami mengikat janji hari ini untuk mengambil tindakan apapun yang diperlukan untuk mengamankan hasil itu, dan kami menyerukan IMF untuk secara teratur menaksir tindakan-tindakan yang diambil dan tindakan-tindakan global yang diperlukan.

11. Diputuskan untuk memastikan stabilitas harga dan keberlangsungan fiscal jangka panjang. Kami akan meletakkan pada tempat yang layak, strategi jalan keluar yang dapat dipercaya dari tindakan-tindakan yang perlu diambil sekarang untuk mendukung sector keuangan dan memulihkan permintaan global. Kami yakin bahwa dengan menjalankan kebijakan-kebijakan yang sudah disetujui, kami akan membatasi biaya perekonomian untuk jangka yang lebih panjang, dengan demikian mengurangi skala konsolidasi fiscal yang diperlukan untuk jangka yang lebih lama.

12. Kami akan melaksanakan semua kebijakan ekonomi dengan kooperatif dan bertanggung jawab sehubungan dengan dampak terhadap Negara-negara lain dan akan menahan diri dari devaluasi mata uang kami yang bersaing dan akan mempromosikan system moneter internasional yang berfungsi dengan baik dan stabil. Kami akan mendukung, sekarang dan di masa yang akan datang, kepada pengawasan IMF yang independen, diberikan secara merata dan terus-terang, atas bidang keuangan dan perekonomian kami, atas dampak kebijakan kami terhadap Negara lain, dan atas risiko menghadapi perekonomian global.

No comments:

Post a Comment

After you read this post, please leave your comment...