About Us

My photo
Mata Kuliah Wajib Bagi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Mulawarman

Sunday, October 12, 2008

Pertemuan Bank Dunia dan IMF Dijaga Ketat


Minggu, 12 Oktober 2008 | 07:27 WIB

Laporan wartawan Kompas Tjahja Gunawan Diredja

WASHINGTON, SABTU - Pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat, yang berlangsung tanggal 10-13 Oktober 2008, dijaga ketat petugas keamanan.
"
Bahkan untuk antisipasi kemungkinan adanya terorisme dan aksi demonstrasi, jalan-jalan di sekitar Gedung IMF dan Bank Dunia di Washington DC, Amerika, ditutup selama diselenggarakan pertemuan tersebut.

Lokasi Kantor Pusat Gedung Bank Dunia berada di Jalan 1818 H Street North West, Washington DC, 20433, Amerika. Lokasi Gedung Bank Dunia ini berhadap-hadapan dengan Gedung IMF. Sejumlah polisi dan petugas keamanan nampak berjaga-jaga di seputar gedung tempat diselenggarakannya pertemuan tersebut.

Setiap delegasi dan wartawan dari mancanegara diwajibkan untuk melakukan registrasi. Setelah mendapatkan kartu resmi, setiap orang yang akan memasuki Gedung Bank Dunia termasuk media center di basemen gedung tersebut, diharuskan melewati pintu detektor.

Pada pertemuan itu, delegasi Indonesia dipimpin oleh Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta. Semula delegasi akan dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan yang juga pelaksana jabatan Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati namun secara mendadak dia dipanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Jakarta pada Jumat lalu setelah menghadiri sebuah seminar di Dubai.

Sementara Gubernur Bank Indonesia Boediono menyusul pulang ke Tanah Air pada Jumat siang waktu Amerika menyusul kondisi nilai tukar rupiah yang terus melemah. Selain Paskah Suzetta, pejabat lain yang masih berada di Washington antara lain Dirjen Pengelolaan Utang Departemen Keuangan (Depkeu) Rahmat Waluyanto dan Deputi Gubernur BI Hartadi A. Sarwono.

Sumber : http://www.kompas.com/read/xml/2008/10/12/07271162 /pertemuan.bank.dunia.dan.imf.dijaga.ketat.

1 comment:

  1. Ehm... kenapa yo SBY memanggil Menko Perekonomian Sri Mulyani Indrawati? Ada yang tau?

    ReplyDelete

After you read this post, please leave your comment...